Tips Menghindari Tugas Yang Menumpuk

Salah satu " MIMPI BURUK " yang kerap dihindari oleh karyawan, Guru, Mahasiswa, Siswa adalah Tugas Yang Menumpuk. Bukan hanya akan menyita tenaga, secara otomatis waktu juga akan lebih banyak tersita untuk menyelesaikannya.


Tak jarang, banyaknya tugas yang harus diselesaikan tersebut merupakan akibat dari seringnya menunda pekerjaan. Oleh karenanya, agar semua tugas dapat diselesaikan dengan baik tanpa harus mengorbankan lebih banyak waktu dan tenaga, berikut beberapa langkah yang dapat anda lakukan diantaranya :

  1. Buat catatan kecil tentang tugas-tugas apa saja yang harus dikerjakan dalam minggu ini. Dengan cara ini tentu tidak ada satu pekerjaanpun yang akan terlewatkan. Setelah selesai, coretlah tugas-tugas tersebut dan beri penghargaan pada diri sendiri setiap kali menyelesaikan suatu pekerjaan agar sikap mental yang positif tetap terjaga. Jangan lupa untuk membuat sekala prioritas saat menulis daftar tugas agar proses bekerja pun menjadi lebih sistematis. Anda dapat menggunakan matriks untuk mengkategorikan tugas tersebut, apakah tugas tersebut penting atau mendesak.
  2. Manfaatkan waktu luang yang ada untuk mengendurkan otot-otot yang kaku selama beberapa saat. Setelah selesai coba ingat-ingat pekerjaan apa lagi yang harus diselesaikan. Bila perlu kumpulkan materi untuk bahan-bahan pendukung untuk tugas mendatang. Hal ini tentu lebih baik ketimbang menghabiskan waktu dengan bergosip atau berleha-leha - untuk siswa coba belajar materi selanjutnya sebelum guru menerangkannya di sekolah.
  3. Ada baiknya menentukan batas waktu pengerjaan atau deadline. Selain tugas bisa diselsesaikan tepat waktu, secara tidak langsung cara ini akan membangunkan sikap disiplin dalam diri.
  4. Terakhir, demi menjaga performa dan kualitas kerja, Anda harus menjaga suasana hati ( mood ) tetap stabil. Untuk itu ciptakan suasana sedemikian rupa yang bisa mendukung pekerjaan misalnya lewat musik, hiasan meja, dan lainnya. 

Selamat mencoba, semoga sukses selalu

" Belajarlah apapun, dari siapapun, kapanpun, sedapat mungkin. Maka akan datang waktu dimana Anda akan berterimakasih kepada diri anda sendiri atas aktivitas yang anda kerjakan itu "

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar