Rumah Tradisional Provinsi Papua Barat

Papua yang dulunya bernama Irian Jaya ini memang selalu penuh dengan keunikan tersendiri.  Tidak hanya pesona alamnya yang luar biasa tapi juga keragaman dari suku dan penduduk aslinya.  Rumah Adat Papua yang terkenal adalah rumah adat Honai.
Jangan heran lho kalau di Papua ini ternyata ada lebih dari 300 suku aslinya.  Karena hidupnya masih berkelompok dan sebagian masih nomaden atau berpindah-pindah tempat, kebanyakan dari suku di Papua ini tidak dapat ditemui dalam satu tempat saja.

Rumah adat Provinsi Papua dan Papua Barat memiliki bentuk dan nama yang sama; disebut rumah adat papua. Sebenarnya rumah adat Papua hanya satu bentuk, walaupun berbeda suku dengan bahasa dan cara hidup yang berbeda pula.  Rumah Honai ini ini terbuat dari kayu dan jerami, dimana bahan-bahannya ini mudah sekali diperoleh dari alam sekitar.
Satu rumah adat Papua digunakan untuk satu kelompok besar yang terdiri dari beberapa keluarga.  Laki-laki maupun perempuan dan anak-anak tinggal dan tidur dalam satu rumah.  Atau bisa juga dalam satu rumah terdiri dari satu kepala keluarga dengan beberapa istri dan anak-anak.  Ini menandakan kebersamaan.
Hanya saja, bagi orang Papua, ternak merupakan harta kekayaan yang paling berharga.  Ternak itu adalah babi.  Hewan ini ikut tinggal dan tidur bersama mereka di dalam rumah.  Nah, bisa Anda bayangkan betapa penuhnya satu rumah tersebut !
Rumah adat Papua ini berbentuk lingkaran dengan atap yang sedikit menjulang di tengahnya seperti setengah tempurung kelapa.  Bentuk atapnya yang unik karena bagian dalamnya dibuat bertingkat di sisi atas yang di gunakan sebagai tempat tidur.
Pintu rumah adat Papua ini hanya satu dan kecil.  Biasanya mereka tidak membuat jendela ataupun lubang ventilasi yang lain.  Hal ini disebabkan untuk menghindar dari binatang buas dan untuk menjaga agar suhu dalam ruangan rumah tidak terlalu dingin.
Di dalam ruangan, tepat di tengah ruangan terdapat tungku api yang berfungsi sebagai tempat masak juga sebagai pemanas ruangan.  Disinilah tempat berkumpulnya keluarga.
Wisata Rumah Adat Papua
obyek wisata yang menarik wisatawan.  Tidak heran jika rumah adat Papua kini dengan mudah bisa kita temui di daerah yang terdekat.  

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar